[tutup]

Posting

Kamis, 10 November 2011

IPL Akan Pakai Wasit Asing

Kamis, 10 November 2011 17:55:07 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto

Jakarta (beritajatim.com) – Wacana penggunaan wasit asing mengemuka dalam pertemuan para CEO klub-klub Indonesia Premier League (IPL) dengan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta, Rabu (09/11) kemarin. Kehadiran jasa pengadil dari luar negeri itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas kompetisi sekaligus meminimalisasi terjadinya kecurangan.

"AFC (Konfederasi Sepakbola Asia) siap mengirimkan wasit ke Indonesia jika ada permintaan dari kita. Kalau bapak-bapak sepakat, kita akan pilih wasit dari negara tetangga dulu," kata CEO LPIS Widjajanto, seperti dilansir IPL, Kamis (10/11/2011).

Nantinya wasit asing hanya memimpin beberapa laga terpilih, sementara sebagian besar pertandingan lainnya tetap dipimpin wasit lokal. Jika wacana ini disetujui klub, LPIS akan meneruskannya ke Komite Eksekutif PSSI.

Usulan penggunaan wasit asing ini disambut positif mayoritas peserta pertemuan, antara lain Semen Padang, Persiba Bantul, Arema, Persebaya, juga Persija. Idham Samawi, perwakilan Persiba Bantul, mengatakan wasit adalah biang kerok terpuruknya prestasi sepakbola nasional. Ke depan PSSI harus menindak wasit yang terbukti melakukan kecurangan.

Hal sama dikatakan Cholid Goromah, Direktur PT Persebaya Indonesia. "Minta tolong agar wasit benar-benar diawasi. Perubahan harus benar-benar dijalankan," tegasnya.

Cholid mengakui, kecurangan yang terjadi selama ini juga tidak lepas dari klub itu sendiri. Maka dia berharap klub-klub nanti tidak memberi kesempatan pada wasit untuk berbuat macam-macam. "Kita harus fair play juga, jangan beri iming-iming pada wasit. Dengan begitu, siapa yang juara benar-benar juara, bukan karena dibantu," ujar Cholid.

Dirut PT Kabau Sirah Semen Padang, Erizal Anwar, mengatakan sah-sah saja LPIS nanti mendatangkan beberapa wasit asing. Tapi, "Pembinaan wasit lokal juga jangan dilupakan," katannya. Erizal dalam kesempatan itu bahkan mengusulkan dibuatnya semacam pakta integritas klub-klub IPL untuk tidak “memanfaatkan” wasit guna memenangkan pertandingan. [rif/but]

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar

Entri Populer