[tutup]

Posting

Sabtu, 15 Oktober 2011

Perilaku Dalam Berorganisasi

Pertemuan 5 & 6
Pengajar : Sri Suhandiah


Perilaku Berkelompok dan Komunikasi

Berkelompok Adalah suatu kumpulan yang lebih dari satu individu yang saling berinteraksi dan bergantungan. Sifat berkelompok pada manusia didasari pada kepemilikan
kemampuan untuk berkomunikasi, mengungkapkan rasa dan kemampuan untuk saling bekerjasama. Selain itu juga adanya kepemilikan nilai pada manusia untuk hidup bersama dalam kelompok, antara lain: nilai kesatuan, nilai solidaritas, nilai kebersamaan dan nilai berorganisasi.





Adapun Tipe dalam berkelopok Diantaranya :

1.     Kelompok Formal
Suatu kelompok kerja yang ditandai dengan struktur organisasi, aturan, fungsi dan lain-lain.
·         Kelompok Komando
Kelompok yang tersusun atas atasan dan bawahan dan ditentukan bagan organisasi bersangkutan. 
·         Kelompok Tugas

2.    Kelompok Informal
Suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal dan tidak ditetapkan secara organisasi.

Berkelompok dalam kehidupan manusia juga merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Beberapa kebutuhan hidup manusia yang dapat dipenuhi melalui kehidupan berkelompok antara lain: komunikasi, keamanan, ketertiban, keadilan, kerjasama, dan untuk mendapatkan kesejahteraan. Kehidupan berkelompok manusia tercermin dalam berbagai bentuk, mulai dari kelompok yang terorganisir maupun yang tidak terorganisir.

Kondisi Eksternal Kelompok diantaranya :

1.   Strategi Organisasi
yang menentukan kemajuan suatu organisasi adalah strategi yang kita terapkan agar organisasi dapat memecahkan masalah yang dihadapinya dengan baik sehingga berdirinya  organisasi tersebut membawa manfaat yang besar bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara. Dalam suatu perusahaan misalnya suatu keberhasilan proyek juga tergantung dari strategi organisasi mereka untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.

2.   Wewenang atau Otoritas
Wewenang (Authority) merupakan suatu wadah yang berfungsi sebagai penggerak dari pada kegiatan-kegiatan. Wewenang yang bersifat informal, untuk mendapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan.

3.    Aturan Formal
4.    Sumber Daya Organisasi
5.    Proses Seleksi
6.    Budaya Organisasi
7.    Kondisi Kerja

Struktur kelompok
  • Kepemimpinan Formal
  • Peran  perilaku yang diharapkan dari seseorang yang menduduki posisi tertentu.
1.      Identitas peran è perilaku yang konsisten dengan perannya,
2.      Persepsi peran è cara pandang tentang perilaku yang diharapkan dalam situasi tertentu.
3.      Pengharapan Peran è perilaku yang diharapkan oleh orang lain agar seseorang melakukannya dalam situasi tertentu.
4.      Konflik peran è situasi dimana individu di harapkan pada pengharapkan peran yang bertentangan.

Tugas Kelompok
  • Kompleks  membutuhkan informasi yang lengkap tidak bersifat rutin.
  • Sederhana  rutin, memiliki kejelasan procedure.
Ø  Keuntungan dan kerugian dalam pengambilan keputusan

Keuntungan
Kerugian
       1.      Informasi lebih lengkap
       1.      Menghabiskan waktu
       2.      Sudut pandang masalah lebih beragam 
       2.      Didominasi beberapa orang
     3.      Penerimaan yang lebih baik terhadap keputusan
       3.      Tanggung jawab tidak jelas


KOMUNIKASI
Komuikasi adalah proses pengiriman idea atau pikiran dari satu orang kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang yang menerimanya.
Komunikasi sulit…???? Di sebabkan oleh :

1.     Beda latar belakang
2.     Beda tingkat pendidikan
3.     Beda pengalaman
4.     Beda pekerjaan dan kebutuhan
5.     Beda kedudukan
6.     Beda gaya dll.

Adapu fungsi dari komunikasi itu sendiri adalah :

  • Fungsi control komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
  • Fungsi motrivasi komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
  • Fungsi ekspresi perasaan bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.
  • Funsi informasi komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternatif (Robbins, 2002 : 310-311).
Bentuk-bentuk komunikasi, diantaranya :

1.      Komunikasi Vertikal
Komunikasi vertikal adalah komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas atau komunikasi dari pimpinan ke bawahan dan dari bawahan ke pimpinan secara timbal balik.
2.      Komunikasi Horizontal
Komunikasi horisontal adalah komunikasi secara mendatar, misalnya komunikasi antara karyawan dengan karyawan dan komunikasi ini sering kali berlangsung tidak formal yang berlainan dengan komunikasi vertikal yang terjadi secara formal.
3.    Komunikasi diagonal
Komunikasi diagonal yang sering juga dinamakan komunikasi silang yaitu seseorang dengan orang lain yang satu dengan yang lainnya berbeda dalam kedudukan dan bagian (Effendy, 2000 : 17).
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar

Entri Populer