[tutup]

Posting

Selasa, 11 Oktober 2011

Perilaku Dalam Berorganisasi

PERILAKU DALAM BERORGANISASI
Pengajar : Sri Suhandiyah



Sub Pokok Bahasan:
·         Karakteristik Biografik
·         Kemampuan, Kepribadian, Persepsi
·         Belajar

Karakteristik Biografik
Yaitu sifat pribadi dari tiap-tiap individu yg obyektif dan mudah diperoleh dari catatan pribadi individu.Seperti : (Usia, Jenis Kelamin, Status Perkawinan, jumlah tanggungan, masa kerja, dll). Dalam organisasi ini juga dikaitkan dengan kinerja dan kepuasan kerja dalam hal ini bagaimana dalam menjalankan suatu hal yang nantinya hasil akhir organisasi tersebut memiliki kepuasan..
Misalnya :
·      Usia bertambah, kinerja menurun
·      Jumlah tenaga kerja usia lanjut meningkat
·      Perbedaan gender tidak selalu mempengaruhi kinerja
·      Status perkawinan tidak mempengaruhi kinerja seseorang
·      Berkorelasi positif dengan tingkat absen (terutama wanita) dan kepuasan kerja
·      Perbedaan gender tidak mempengaruhi kepuasan kerja individu

Kemampuan
            Kapasitas seseorang individu untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, baik dalam hal kemampuan intelektual yang artinya kemampuan yang diperlukan untuk mengerjakan aktivitas mental dan kemampuan secara fisik artinya kemapuan yang diperlukan untuk melakukan tugas appa-apa yang menuntut stamina, kekuatan dan kecakapan. Dan berkorelasi positif dengan kinerja.

Kepribadian
            Cara-cara yang digunakan oleh individu untuk bereaksi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Adapun faktor yang mendorong dalam menentukan kepribadian adalah :
  • Faktor Keturunan
Faktor ini merupakan bersifat abadi, yang mana seberapa besar kepribadian individu tersebut tergantung oleh keturunan. 

  • Lingkungan
Faktor ini merupakan bersifat global, global disini maksudnya adalah bersifat lebih eksternal dan pengaruh kepribadian seseorang ini juga terbentuk tidak jauh di sebabkan dari lingkungan, lingkungan sosisal maupun lingkungan sekitar.

  • Situasi
Situasi yang dimaksud disini adalah kondisi individu tersebut dengan suatu keadaan atau kondisi tertentu maka pola pikir seseorang terhadap akan dirinya sendiri semakin lebih besar dan menjadi berkarakter.

Penghargaan diri (self esteem) è tingkat senang atau tidaknya seseorang terhadap dirinya, penghargaan diri yang rendah tergantung pada penilaian psitif orang lain, selalu mencari persetujuan dan mudah dipengaruhi. Penghargaan diri yang tinggi cenderung memiliki kepuasan kerja yang tinggi pula.
Tujuan untuk mempelajari kepribadian adalah menyelidiki kekuatan dan kelemahan sendiri, dan belajar bagaimana caranya menonjolkan segi positif dan menyingkirkan segi negatif. Memahami orang lain dan menyadari bahwa orang lain berbeda tidak berarti bahwa perilaku mereka itu salah.

Persepsi
Yaitu proses dimana seseorang mengorganisasi dan menginterpretasi sensor atau kesan yang di tangkapnya untuk mengartikan lingkungannya. Perilaku seseorang didasari oleh persepsi mereka terhadap sesuatu, bukan pada kenyataan yang terjadi.
Faktor-faktor persepsi :

  • Orang yang merasakan è kesan yang ditangkap oleh indra, yang dipengaruhi oleh karakter pribadi seperti : sikap, motif, minat pengalaman masa lalu dan harapan.
  • Target (Sasaran) è karakteristik sasaran yang diamati dapat mempengaruhi persepsi seseorang.
  • Situasi è elemen-elemnen disekitar sasaran, seperti : waktu, situasi kerja dan situasi sosial.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar

Entri Populer