[tutup]

Posting

Minggu, 16 Oktober 2011

Perilaku Dalam Berorganisasi

PART 4
Pengajar : Sri Suhandiah

MOTIVASI

Motivasi adalah kekuatan kekuatan yang mendorong untuk bertindak atau dorongan oleh kekuatan dari dalam ataupun dari luar (yang dilakukan dengan mendorong atau menarik). Motivasi jelas dating dari berbagai macam sumber. Motivasi dapat digerakkan oleh kebutuhan seseorang, ataupun dorongan dari seorang motivator yang member pengaruh motivasi kepada orang lain.


SUMBER MOTIVASI BAGI KETERLIBATAN DALAM TUGAS

    Seorang pemimpin dapat melibatkan orang-orang yang dipimpinnya dengan menciptakan kondisi yang mendorong motivasi kepada karyawan.
1.      Motivasi dapat dikembangkan dengan menemukan kebutuhan (bawahan) yang bersifat fisik, keamanan, mental, psikologi, social dan ekonomi dalam lingkungan kerja dan menciptakan kondisi bagi pemenuhan kebutuhan tersebut. Factor kebutuhan dapat menjadi motivasi yang mampu mendorong para bawahan untuk bekerja.
2.             Motivasi dapat dikembangkan dengan menciptakan suatu keinginan untuk bekerja keras, giat, berprestasi dan sukses. Keinginan untuk bekerja keras dapat didorong dengan memberikan tantangan yang memberi moivasi untuk bertindak.

DASAR PENGEMBANGAN MOTIVASI

Seorang pemimpin yang bijak dapat mengembangkan motivasi para karyawannya dengan dasar-dasar berikut :

1.      Perlu ada sasaran (target) pencapaian kerja yang jelas bagi setiap individu dalam setiap unit kerja.
2.      Doronglah setiap orang untuk mencintai tugas dan dorong pula mereka untuk mengembangkan keinginan kuat untuk mencapai sasaran (target) kerja (sukses).
3.      Jelaskanlah secara rinci dan terang manfaat pencapaian sasaran (target) kerja untuk pribadi, kelompok dan organisasi, serta imbalan yang akan diperoleh setiap individu yang bekerja dengan baik.
4.      Doronglah/kembangkanlah sikap kebanggaan akan pekerjaan dan setiap hasil (kesuksesan) yang dicapai dalam pelaksanaan kerja. Ajarlah setiap bawahan untuk belajar bersyukur atas hasil kerja yang mereka capai.
5.      Ciptakanlah kondisi, peluang, dan keinginan untuk menyenangi serta menikmati lingkungan kerja bagi setiap individu.
6.      Ciptakan dan gerakkanlah keinginan kuat dari setiap individu untuk berorientasi kepada prestasi serta keberhasilan kerja.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar

Entri Populer