[tutup]

Posting

Selasa, 13 September 2011

Pemrograman Web

Pemrograman Web
pengajar : Kurniawan Jatmika, S.Kom

  • HTML
HTML (hypertext Markup Language) adalah sebuah bahasa markup (Penandaan) yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website dan menampilkan berbagai informasi didalam sebuah browser.

Sejarah HTML

            HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee dan di populerkan pertama kali oleh browser mosaic. Pada awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan diantaranya kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML versi 2.0 ini adalah penyempurnaan dari HTML + (1993). Versi 3.0 pada tahun 1995 memberikan kemampuan lebih dari versi sebelumnya. Dan pada tahun 1996 menghasilkan HTML versi 3.2 ini adalah usaha dari World Wide  Web Consortium (W3C) HTML work group, dan diterbitkan pada tahun 1997. Versi terbaru adalah versi 4.01 yang dikeluarkan oleh World Wide  Web Consortium (W3C) pada tanggal 24 April 1998.

  • CSS
CSS (Cascading Style Sheet) merupakan sebuah perintah yang mampu berjalan di antara tag HTML. CSS ini bisa digunakan untu membuat sebuah format template pada setiap halaman web dengan mudah dan dinamis, seperti : Background, jenis text dan ukuran text dll.

Sejarah CSS

CSS dikembangkan pada tahun 1996 yang mana World Wide Web Consortium (W3C) adalah lembaga konsorsium standarisasi web menyusun draft proposal untuk pembuatan web.
CSS level 1 dengan berbagai fitur pengaturan diantaranya :
·         Jenis Font dan ketebalan
·         Warna dan Background dll
CSS level 2 dekembangkan pada tahun 1998.
CSS level 3 dikembangkan hingga saatt ini.

  • Scripting
Adalah suatu program yang berbasis prototype berjalan disisi klien dan berjalan di halaman web agar menjadi lebih hidup dan bisa digunakan ubtuk saling berinteraksi.

Sejarah
Sebelum bernama scripting adalah live script dan dikembangkan pada tahun 1995 di net scape communication. Pada 2 tahun akhir perusahaan ini bergabung dengan Sun Micro System dan mengubah Live script menjadi Java Script. Dan bahasa ini awalnya dikenali oleh browser dari Netscape sampai IE dan browser saat ini.

Sumber Referensi :
Nugroho, Bunafit, 2004, Cascading Style Sheet (CSS) solusi mempercantik Web, Gava Media, Yogyakarta

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar

Entri Populer